Proses Tagihan Siswa

Proses Tagihan pada aplikasi ini berfungsi untuk membuat tagihan secara otomatis kepada seluruh siswa baik mengenai tagihan siswa baru ataupun tagihan SPP bulanan.

Dan untuk SPP Bulanan, anda dapat melakukan sekaligus untuk perbulannya atau jika tidak ada perubahan setiap bulannya anda juga dapat melakukan proses untuk 1 tahun atau juga 3 sekaligus tahun kedepan.

Dalam proses tagihan ini seperti yang ditunjukan dalam gambar modul tersebut, anda dapat melakukan setting-setting proses seperti :

  • Sumber Data
  • Periode Tagihan dll.
Dan adapun penjelasan dari masing-masing proses tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

Sumber Data, yaitu pilihan yang dapat dilakukan atas sumber komponen tagihan yang berasal dari master tagihan ataupun tagihan dari masing-masing siswa.

  • Untuk pilihan Master Tagihan, data akan diambil dari master - master tagihan yang telah anda siapkan dan ini berfungsi terutama untuk membuat tagihan untuk siswa baru.
  • Sedangkan untuk pilihan permasing-masing siswa, dipilih untuk melakukan proses dari tagihan siswa sebelumnya, sehingga tagihan yang baru dibuat sama dengan tagihan yang telah disesuaikan sebelumnya.
Periode Tagihan, periode ini diisi dengan bulan tagihan misalnya :

  • Periode 1 untuk bulan juli misalnya diisi dengan (1) Juli
  • Periode 2 untuk bulan agustus misalnya diisi dengan (2) Agustus
  • Demikian seterusnya.
Tahun, diisi dengan tahun dari tagihan bersangkutan.

Tahun Ajaran, diisi sesuai dengan tahun ajaran bersangkutan.

Dimutasikan ke tanggal, diisi dengan tanggal tagihan misalnya awal bulan atau disesuaikan dengan ketentuan sekolah.

Jenis Tagihan, diisi dengan sandi tagihan yang terkait dengan komponen-komponen tagihan siswa seperti tagihan baru atau tagihan SPP Bulanan.

Catatan/Memo, secara otomatis diisi oleh sistem untuk memberikan keterangan invoice namun dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Pengesahan, diisi dengan nama petugas yang melakukan proses tagihan ini.


Dan setelah semua form diisi, anda dapat melanjutkan dengan mengklik tombol PROSES seperti yang ditunjukan gambar disebelah.

Dalam hal ini anda dapat memilih proses tagihan yang akan dilakukan dengan memilih beberapa siswa atau kelas bersangkutan.

  • Select All, untuk dapat memilih siswa seluruhnya.
  • Unselected, berfungsi untuk menghapus semua pilihan.
  • Search digunakan untuk memilih berdasarkan kategori misalnya anda memilih hanya kelas II B, anda dapat memasukan kata kunci pencarian pada kolom search tersebut kemudian di enter.
Dan setelah anda selesai mengisinya, anda dapat melanjutkannya dengan klik tombol PROSES.

Untuk mengontrol kembali atas tagihan yang anda lakukan, anda dapat melihatnya pada menu memorial harian, dan mungkin anda melakukan beberapa penyesuaian terhadap tagihan siswa, anda dapat melakukannya pada master siswa masing-masing.

Sedangkan untuk mencetak semua tagihan tersebut, anda dapat mencetaknya pada menu laporan nominatif tagihan dan tunggakan siswa pada pilihan Nominatif tagihan per invoice seperti yang ditunjukan menu di sebelah.

Bukti tagihan tersebut pada nantinya akan secara otomatis menjadi komponen tagihan siswa yang nantinya akan muncul pada kolom pembayaran ketika siswa melunasi kewajibannya.